Kamis, 17 November 2011

Fungsi Kota

PEMBAHASAN

1. Pengertian Kota
            Menuruut Bintarto: Dari segi geografis kota diartikan sebagai suatu sistim jaringan kehidupan yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata ekonomi yang heterogen dan bercorak materialistis atau dapat pula diartikan sebagai bentang budaya yang ditimbulkan oleh unsur-unsur alami dan non alami dengan gejala-gejala pemusatan penduduk yang cukup besar dengan corak kehidupan yang bersifat heterogen dan materialistis dibandingkan dengan daerah dibelakangnya.
Menurut Arnold Tonybee: Sebuah kota tidak hanya merupakan pemukiman khusus tetapi merupakan suatu kekomplekan yang khusus dan setiap kota menunjukkan perwujudan pribadinya masing-masing.
Menurut Max Weber: Kota adalah suatu tempat yang penghuninya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar local. Kota merupakan tempat bermukim warga kota , tempat bekerja tempat kegiatan dalam bidang ekonomi, pemerintahan dsb. Kota berasal dari kata urban yang mengandung pengertian kekotaan dan perkotaan. Kekotaan menyangkut sifat-sifat yang melekat pada kota dalam artian fisikal, social, ekonomi, budaya. Perkotaan mengacu pada areal yang memiliki suasana penghidupan dan kehidupan modern dan menjadi wewenang pemerintah kota.
Kota satelit adalah kota kecil di tepi sebuah kota besar yang meskipun merupakan komunitas mandiri, sebagian besar penduduknya tergantung dengan kehidupan di kota besar. Biasanya penghuni kota satelit ini adalah komuter dari kota besar tersebut. Kota satelit merupakan daerah penunjang bagi kota-kota besar di sekitarnya dan merupakan 'jembatan' masuk/akses untuk menuju ke kota besar. Karena kota satelit juga berfungsi sebagai penunjang kota besar, maka implikasi daripada kota satelit sebagai penunjang akan tampak pada hidup keseharian warganya. Kota satelit bisa juga sebagai pemasok barang-barang kebutuhan warga kota besar, karena semakin besar dan berkembangnya suatu kota maka sikap warganya untuk memproduksi barang-barang untuk kebutuhan mereka juga akan semakin turun. Karena hal inilah maka fungsi kota satelit sebagai kota penunjang kebutuhan hidup masyarakat kota juga akan semakin tampak. Terlepas dari fungsi kota satelit yang terbangun di atas, dengan adanya interaksi yang tetap, maka sikap hidup pada masyarakatnya juga akan secara bertahap akan mengalami apa yang bernama "resonansi sosiologis", yaitu perubahan sikap yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi yang relatif tetap.
Pertumbuhan dan perkembangan kota-kota sangat cepat seiring dengan pesatnya pembangunan yang dilaksanakan. Dewasa ini jumlah penduduk perkotaan di Indonesia semakin meningkat, sudah sekitar 35% penduduk Indonesia tinggal di wilayah perkotaan. Diperkirakan jumlah ini akan meningkat pada akhir PJP II yaitu sekitar 60% dari jumlah penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan. Sementara itu distribusi penduduk perkotaan akan semakin meningkat di setiap propinsi, hal ini menunjukkan terjadinya- peningkatan pendapatan yang lebih tinggi yang disertai dengan tingginya diversifikasi kegiatan ekonomi. Pada akhir PJP II diperkirakan akan terdapat 23 kota yang berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa, 11 kota diantaranya berada di luar jawa. Kontribusi yang diberikan oleh kawasan-kawasan perkotaan terhadap pertumbuhan ekonomi dan sosial sangat berarti, diperkirakan lebih dari 60% dari PDB nonmigas akan berasal dari kawasan-kawasan perkotaan tersebut.
Perkembangan kota dan perkotaan yang pesat menuntut pengelolaan fungsi kota yang lebih baik karena semakin berkembang suatu kota dan perkotaan maka unsur-unsur pembentuknya pun akan semakin kompleks pula. Pada dasarnya pengelolaan kota dititikberatkan pada tinjauan terhadap penataan ruang yang ada mulai dari penyiapan rencana induk kota sampai dengan penyiapan rencana unsur kota, pengaturan pemanfaatannya, pengelolaan pengendaliannya, dan kaitannya dengan aspek-aspek lain terutama dengan aspek-aspek: pembangunan ekonomi kota; finansial kota; kelembagaan kota; partisipasi swasta; dan partisipasi masyarakat.




2. FUNGSI KOTA
Fungsi kota telah berubah bersama dengan perubahan dalam hubungan sosial-ekonomi. Sepenuhnya kota modern sering fungsi yang berbeda daripada yang bertindak. Karena fungsi kota, kita bisa menyebut:
 - Kota Industri - ini adalah kota yang memiliki asal mereka atau pengembangan adalah karena ekstraksi mineral atau diproses. Untuk kota dengan fungsi-fungsi tersebut meliputi fasilitas di bidang batubara: GOP di Polandia - Katowice, Bytom, Gliwice, Ruhr, Jerman - Dusseldorf, Essen, Dortmund, di daerah Inggris - Birmingham, Nottingham, di Cekungan Donets, Ukraina.
- Kota transportasi yang dibangun di tepi laut, nyaman untuk mengatur port - Rotterdam, Hamburg, Marseille, New York, Singapura, sungai-sungai - kota sepanjang Rhine (Basel, Cologne), kota dari Great Lakes di Amerika Serikat (Chicago), Manaus di Amazon , sebuah kota di Sungai Yangtze di China (Czunking) di persimpangan rute transportasi yang penting, seperti di node kereta api - di Amerika Serikat (Kansas City, Dallas, St Luis), Kanada (Edmonton,Calgary), bandara (London,Paris,London). Pemerintah kota yang didirikan pemerintah dan kantor administrasi (regional, nasional, internasional) ibukota negara, daerah makro.
- Kota ibadah - sangat jarang hanya fungsi mereka adalah untuk melayani para wisatawan dan peziarah mengunjungi kuil dan tempat-tempat suci. Mungkin ini adalah salah satu dari banyak fitur dari kota, namun di masa lalu bisa menjadi miastotwórczy faktor utama. Contoh  Mekkah,Czestochowa.
- Tourist dan kota liburan - berorientasi layanan pariwisata. Ini adalah sebagian besar kota-kota pegunungan dan pesisir.
- Kota Spa - gunung atau pantai kota dengan nilai-nilai Spa - Antibes, Prancis, Karlovy Vary di Republik Ceko, Davos, Swiss, musim semi di Polandia.
            Secara singkat fungsi kota yaitu :
1. Sebagai pusat produksi (production centre)
2. Sebagai pusat perdagangan (centre of trade and commerce)
3. sebagai pusata pemerintahan (political capital)
4. Sebagai pusat kebudayaan (culture centre)
5. Sebagai pusat kesehatan atau rekreasi (health and recreation centre)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar